Saturday, September 27, 2014

Tutorial Cara Menghubungkan Keyboard MIDI / MIDI Controller dengan Laptop

Untuk bisa memainkan program instrument musik di computer, khususnya software/vst seperti keyboard synthesizer atau piano, diperlukan sebuah alat yang disebut: MIDI Controller atau bisa juga disebut Keyboard Controller. Keyboard musik biasa, baik itu tipe arranger, synthesizer, maupun workstation dapat saja difungsikan sebagai MIDI Controller.
--> Hanya saja kan harganya tinggi, dan peruntukkannya lebih maksimal digunakan untuk live play. Untuk proses music production / recording mending pakai Keyboard Controller saja. Mengenai Keyboard Controller Gwe bahas di tulisan lain. Jadi, di tulisan kali ini kita langsung saja, ada 3 (tiga) benda penting untuk bisa menghubungkan Keyboard Controller dengan laptop, yaitu:


1. Laptop (sebenarnya bisa juga untuk Desktop Komputer) yang dilengkapi program music DAW, contohnya seperti: FL Studio, Pro Tools, Logic Pro, Ableton, dll.

2. MIDI Controller, atau Keyboard musik biasa yang memiliki output berupa MIDI atau USB. Ada beberapa merek Keyboard/MIDI Controller seperti E-MU, M-AUDIO, dll.

3. Kabel USB yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dengan laptop. Ini adalah Kabel tipe yang sama yang digunakan utuk menghubungkan printer dengan komputer/laptop.

-->
Selanjutnya, langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkan hal itu adalah:


1. Hidupkan MIDI / Keyboard Controller. Posisi On. Beberapa Keyboard MIDI / MIDI Controller tidak memiliki tombol ON / OFF. Dia otomatis ON bila dikoneksikan ke laptop/komputer;

2. Setelah laptop dalam posisi On dan ready, jalankan program DAW semacam FL Studio atau program musik lain;

3. Masuk ke menu option program musik (dalam hal ini FL Studio). Biasanya di situ ada pilihan/opsi: Input MIDI. Pilih: Enable atau Aktifkan;

4. Coba tekan tombol Keyboard Controller untuk memastikan hubungan/koneksi sudah aktif. Pilih instrumen/channel di program musik komputer sesuai dengan pilihan / keinginan Anda. Sebagai tes Anda dapat menggunakan intrumen keyboard atau piano. Apabila sudah aktif, akan muncul/bunyi yang sesuai dengan instrumen/channel yang aktif;

5. Untuk mengatur volume di program musik, pengaturannya langsung dengan komputer/laptop. Anda juga dapat menghubungkan / assign salah satu kenop yang ada di Keyboard Controller untuk menjalankan fungsi pengaturan Volume. Namun umumnya penghubungan / assignment ini bersifat temporer. Artinya harus anda setting ulang tiap kali menjalankan program, tidak otomatis hardware dan software ini terhubung / terkoneksi.

Untuk mudahnya, bisa cek videonya di sini:
 

Untuk melihat: Video Tutorial Cara Merekam Permainan Keyboard Musik di Komputer
http://musisidigitalindonesia.blogspot.com/2014/11/video-tutorial-cara-merekam-permainan.html
 
Untuk melihat: Tutorial Cara Menghubungkan Keyboard Musik dengan Komputer, cek di sini:
http://musisidigitalindonesia.blogspot.com/2012/08/tutorial-cara-menghubungkan-keyboard.html
------------------------------------------

5 comments:

  1. bang yozar saya mau tanya nih. saya pakai midi controller akai lpk mini dan itu koneksi nya udah aktif di fl studio, gimana cara nya buat pettern menggunakan midi controller di fl studio itu mas ?? (mohon bantuan nya mas)

    ReplyDelete
  2. malam bang ,,, nanya ,,,, sy newbie bgt .... sy harus pakai midi controller ug mana ya ? lalu software yg sedehana dan mudah dimengerti yg mana ya ?

    ReplyDelete
  3. Mantapp. Mw nanya gan, bisakah keyboard controller dihubungkan ke keyboard arranger? Gimana caranya gan, klw bisa.

    ReplyDelete
  4. Saya mau naya boss apa kah bisa 2 keyboard midi di sambungkan ke 1pc sekarang saya pake fl studio bos

    ReplyDelete