Sunday, October 13, 2013

Membuat White Noise dengan FL Studio

Setelah mengenal apa itu White Noise, Gwe akan pandu kalian untuk bikin sendiri dengan FL Studio. Emang sih banyak White Noise bagus bikinan para produser musik yang handal. Tapi kalau kalian sayang duit untuk beli, atau susah nyari gratisannya di internet, mau gak mau tentunya harus bikin sendiri kan, khususnya buat kalian yang pengin bikin lagu-lagu EDM, lebih spesifik lagi Lagu DJ. Sangat gak seru/gak umum kalau lagu DJ gak ada bunyi White Noise nya. Nah kita segera mulai aja. Untuk bikin bunyi White Noise sederhana gak susah kok. Begini lah langkah-langkahnya:

1.    Pertama, tentu saja kalian harus punya software DAW. Untuk Tutorial ini kita pakai FL Studio.

2.    Gunakan VST 3x Osc sebagai instrument. Bikin Channel baru dan pilih: 3x Osc.

Di Channel Properties: PLUGIN, atur setting:
Osc 1 shape: Rumput (Bentuk nomor 6)
Osc 2 shape: Rumput (Bentuk nomor 6); Vol 17%
Osc 3 shape: Rumput (Bentuk nomor 6) ; Vol 0%


3.    Bunyinya bakal seperti desis atau TV bures. Bikin Pattern baru, misalnya setelah Pattern 1 & 2 adalah Beat: Duk & Tak, maka di Pattern 3. Di situ buka Piano Roll. Tulis di nada F4 sepanjang 8 Bar. Letakkan Pattern 3 di Playlist.

--> 4.    Sekarang Pattern 3 ini sebaiknya kita kasih effect, maka di Channel Setting, klik panah, lalu pilih: assign to free mixer track. Muncul jendela mixer. 
 Untuk sound ini sebaiknya kita kasih:
(1) Fruity Delay Bank, dengan Preset: klik kanan: Brighter Echoes;

(2) Fruity Free Filter, dengan Freq: 5228 atau sebanyak 75%.

5.    Saatnya membuat “Frequency” aktif dengan volume nol sampai maksimal, maka di “FX Fruity Free Filter”, di bagian: “Freq”, klik kanan: “Create Automation Clip”. “Fruity Free Filter (3x Osc) – Freq  Envelope” akan muncul di Playlist. 


Atur sedemikian rupa hingga bagian minimum di awal, dan bagian maksimum di perpindahan lagu. Jembatan antar Pattern/Aransemen telah tercipta.

Cekidot hasilnya di sini:
http://soundcloud.com/yozar-remixer/yozar-remixer-white-noise-2

Sunday, September 29, 2013 [05:45] WIB

No comments:

Post a Comment