Sunday, October 13, 2013

Memperkenalkan Tentang White Noise

Apa itu White Noise? Kalau diterjemahkan secara harafiah ke dalam bahasa Indonesia, White artinya putih, dan Noise artinya Kegaduhan atau Riuh. Jadi kalau digabung jadi: Keriuhan Putih? Ya enggak dong ya. Mungkin lebih baik Gwe kasih penjelasannya saja daripada terjemahannya. White Noise itu semacam suara berisik yang teratur dalam suatu frekuensi tertentu, yang kalau dalam bahasa Jawa orang biasa mengenal suara kemresek. Semacam Suara yang biasanya muncul saat suatu tayangan stasiun televisi berakhir, atau antenna televisi tidak bisa menangkap sinyal siaran dengan baik. Kurang lebih seperti itu lah suara White Noise. Atau kalau mau mengikuti penjelasan dari Wikipedia, White Noise, dalam suatu pemrosesan sinyal, adalah sinyal acak dengan kekuatan spektral yang konstan/datar. Dengan kata lain, White Noise adalah sebuah sinyal yang memiliki kekuatan setara di dalam sebuah frekuensi dengan lebar tertentu. Trus apa gunanya White Noise?


Di musik digital, khususnya EDM atau Electronic Dance Music, White Noise merupakan salah satu unsur suara yang penting. White Noise biasa muncul saat lagu memasuki bagian “Drop”, atau secara perlahan naik kemudian turun. Bunyi White Noise mirip suara angin. Volume White Noise tadinya nol kemudian secara perlahan-lahan mencapai puncak, kemudian segera turun. Pada waktu membentuk “Drop”, White Noise biasanya berdampingan dengan cymbal atau cymbal reverse.

--> Sample suara White Noise bisa didapatkan dari para produser musik atau bisa juga diciptakan sendiri. Di FL Studio banyak plugin/vst untuk menciptakan White Noise, bahkan vst paling dasar, seperti 3xOSc pun bisa dipakai. Tinggal diatur saja lewat Channel Setting. Penjelasan mengenai pembuatan White Noise dari 3xOsc aja Gwe terangkan di tulisan lain. Berikut adalah contoh suara White Noise yang bisa kalian dengarkan:

http://soundcloud.com/yozar-remixer/yozar-remixer-white-noise

Tulisan ini disarikan dan dikembangkan dari: Wikipedia.org dan berbagai sumber lain di internet 

Minggu, 13 Oktober 2013 [21:45] WIB

1 comment: