Monday, December 1, 2014

Macam-macam DJ

Setelah ngomongin tentang apa itu Disc Jockey alias DJ? Kali ini yozar.remixer akan membahas mengenai macam, jenis atau tipe DJ, khususnya berdasarkan tempat dia bermain, dan penghasilannya. Mungkin kamu yang lagi senyum-senyum termasuk salah satunya:

-->

1. DJ Rumahan
DJ jenis ini demen musik EDM atau lagu DJ, tapi dia nggak begitu suka dugem. Doi lebih menikmati bermain DJ sebagai hobi, atau dia punya kerjaan utama sehingga gak bisa fokus total jadi DJ. Biasanya dia maen di kamar atau studio rumahannya sendiri. DJ Rumahan gak butuh alat yang canggih, kayak CDJ Nexus 2000 Platinum, kecuali doi emang tajir. Umumnya punya DJ Controller aja mereka udah seneng. Soal skill ada sih yang jago, walaupun yang maennya asal juga banyak. Beberapa bahkan bisa bikin mixtape, mash up, bootleg atau pun bikin lagu orisinil sendiri. Tentu saja DJ macam ini gak bisa ngehasilin duit.
2. DJ Radio
DJ jenis ini bisa dibilang cikal bakal atawa dedengkotnya DJ. Ya, sejak keberadaan radio, seorang penyiar dibutuhin untuk maenin lagu. Ga seru tentunya kalau siaran radio isinya cuman lagu doang sepanjang waktu. Kerjaan DJ Radio diantaranya adalah: maenin atau nyambungin lagu, dan ngisi hal-hal yang berhubungan dengan siaran, kayak: ngobrol, ngelawak, ngiklan, bacain berita, info, wawancara, dan semacamnya. Bayaran DJ jenis ini adalah bulanan layaknya seorang karyawan.


3. DJ Event
Kalau DJ Rumahan dan DJ Radio kayaknya “ngumpet” alias ga keliatan tampangnya dari tontonan masyarakat, maka DJ Event ini terkekspos atau tampil di depan orang layaknya musisi.  DJ jenis ini bisa tampil di berbagai event yang umumnya insidental kayak Pensi (Pentas Seni) sekolah, resepsi pernikahan, hajatan sunatan, konser kecil-kecilan di hotel maupun club, nongol di TV, atau bahkan di konser besar musik EDM kayak Djakarta Warehouse Project, Tommorowland, dan laen sebagainya. Bayarannya bervariasi, dari yang mulai dari terima kasih, dapet makan, sampai ada juga yang jutaan rupiah.
 
4. Resident DJ / DJ Club
DJ jenis ini mirip kayak karyawan kantoran. Dia masuk kerja di club tiap hari di rentang jam tertentu. Umumnya, mulai club buka ampe club tutup atau dari agak malem nyampe pagi. Gajinya bulanan, dan kalau ada pengunjung club yang baek bisa saja dapet saweran. Meskipun terkenal, DJ jenis ini biasanya ga boleh nerima order event dari club laen di kota yang sama. Meskipun dianggep sebagai DJ tetap sebenernya DJ Jenis ini termasuk pegawai tidak tetap atawa kontrakkan. Lama kontraknya macem-macem, tergantung kesepakatan dengan club. Bisa sebulan, tiga bulan, atau pun setahun. DJ Field Trip, yang biasa pindah club antar kota juga termasuk jenis ini.
-->
5. DJ Abal-abal / Wannabe DJ
DJ Jenis ini demen banget musik EDM, tapi dia kurang modal alias kere. Atau kadang juga dia udah nyoba belajar tapi gak pinter-pinter. Doi pengin banget bergaya layaknya DJ, walaupun sebenernya gak bisa. DJ jenis ini sok-sok pamer kalau dia bisa nge DJ, ngobrolin musik EDM, nongkrong di club, tapi tanpa usaha yang pasti. Tapi kalau beruntung bisa saja DJ jenis ini jadi terkenal, contohnya adalah DJ Ngakak yang nge-DJ pake mulut dengan meja yang dikasih poster/taplak layaknya turntable. Contoh laennya adalah seorang remaja yang maenin kompor gas-nya seolah-olah itu turntable. Syukurnya tuh kompor gas kagak meleduk. Soal bayarannya juga sama gak jelasnya, bisa ga dapet apa-apa bisa juga seperti dapet durian runtuh.


Penampilan seorang DJ Event

No comments:

Post a Comment