Saturday, January 24, 2015

Speech Composing Eka Gustiwana Bukan Yang Pertama, Melainkan Schomoyoho alias The Gregory Brothers

Asyik rasanya nonton video lagu speech composing-nya Eka Gustiwana, seperti: video amarahnya Arya Wiguna kepada Eyang Subur yang diliput oleh para wartawan, maupun video lagu BBM CAMPURAN dari penyiar berita SCTV Jeremy Teti tahun 2013 lalu. Lucu dan unik kesannya. Namun ternyata Eka bukanlah orang pertama yang melakukan Speech Composing atau menggubah rekaman perkataan atau ucapan seseorang/sekelompok orang menjadi suatu komposisi musik. Walaupun secara musikalitas, Eka memang luar biasa.
-->
Tiga tahun sebelumnya, yaitu pada 2010, muncul sebuah band keluarga di Amerika yang menamakan dirinya Schmoyoho atau The Gregory Brothers yang menghebohkan YouTube. Mereka lah pelopor speech composing, dengan mengubah video berita maupun video yang sudah terkenal sebelumnya di YouTube menjadi sebuah video lagu baru yang unik dan lucu, contohnya adalah video “BED INTRUDER” “Double Rainbow”, “CAN'T HUG EVERY CAT”, maupun pidatonya Presiden Obama. 

Berbeda dengan Eka Gustiwana, orang menyebut teknik komposisi suara dari Keluarga Yahudi yang terdiri atas Evan, Andrew, Michael, dan Sarah (istrinya Evan) sebagai Auto-Tune. Sedangkan Schmoyoho sendiri menyebut aktivitas menggubah perkataan orang menjadi lagu yang mereka lakukan itu sebagai: Songify. Tak hanya mengkomposisikan perkataan, Schmoyoho juga menggubah atau meng-hack video berita maupun rekaman kegiatan politik pemerintah Amerika menjadi suatu lagu dengan video klip yang lucu dan gokil, dimana mereka muncul sebagai cameo di video tersebut. Video-video di channel mereka sudah ditonton orang paling tidak mencapai 629 juta kali.
-->
Ide Auto-Tune ini berasal dari Michael, yang bekerja sebagai sound engineer. Orang awam mungkin sebenarnya berharap mereka lebih banyak membuat lagu parodi berita yang di Auto-Tune-kan. Namun aslinya, genre musik keluarga ini adalah "Country & Soul, Folk & Roll". Secara band, posisi mereka adalah: Michael Gregory pada drums dan vocal, Andrew Rose Gregory pada gitar dan vocal, Evan Gregory pada keyboard/piano dan vocal, serta Sarah Fullen Gregory (istrinya Evan) pada bass dan vocal. Album EP pertama mereka dirilis pada 29 Mei 2009, dengan judul “Meet the Gregory Brothers!” Mereka juga merilis aplikasi Songify untuk iPhone yang berguna merekam kata-kata menjadi lagu yang di Auto-Tune-kan.


Songify = CAN'T HUG EVERY CAT 


 Lagu "DOUBLE RAINBOW"

No comments:

Post a Comment