Monday, February 9, 2015

Bagaimana Cara Belajar DJ?

Dengan semakin populernya EDM atau lagu DJ, maka permintaan player atau musisi yang memainkan musik jenis tersebut semakin meningkat. Bayaran untuk operator atau pemain musik EDM, yaitu DJ/Disc Jockey juga lumayan. Baik yang resident DJ (apabila ditambah sawerannya) maupun DJ Event. Karena itu, orang jadi tertarik untuk menjadi DJ, entah itu sebagai profesi utama atau pun sambilan. Namun bagaimana caranya bisa bermain DJ? Tentu saja kalau orang mau pintar, dia harus belajar.

-->

Ada beberapa alternatif untuk bisa bermain DJ. Pertama otodidak. Cara paling murah ini bagi sebagian orang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan kadang bisa salah teknik. Orang bisa mencontek teknik yang benar dari DJ yang sedang perform, namun tentunya tidak mudah. Karena dia harus satu panggung dan mengamati baik-baik. Namun hal ini bakal mencurigakan dan tidak efektif. Cara lainnya untuk otodidak adalah dengan menonton video tutorial di internet. Portal video paling popular di internet, yaitu YouTube banyak menyediakan video tutorial yang diunggah/diupload orang. Cari yang gambarnya jelas, atau mempunyai kualitas HD. Tentunya lebih baik kalau paham bahasa Inggris, sehingga bisa memerhatikan intruksi dengan jelas. Satu yang pasti untuk sukses otodidak adalah kamu harus displin dan rajin berlatih. Entah itu dengan alat sendiri atau menyewa studio DJ. Karena kadang kalau waktu terlalu bebas, orang cenderung suka menyepelekan.

Cara Kedua untuk bisa belajar DJ adalah dengan meminta teman atau kenalan yang sudah bisa untuk mengajari. Kalau sudah deket dan akrab tentunya dia tidak meminta bayaran yang seperti standard, atau bahkan tidak mau dibayar alias gratis. Ya sebagai timbal baliknya, selain baik sama dia, kamu juga perlu lah kadang-kadang nraktir atau ngasih oleh-oleh. Untuk waktu, karena sukarela ya tentunya kamu harus mengikuti waktu yang dia sediakan, dan berusaha menyesuaikan. Mengenai alat, tergantung keadaan dan kesepakatan kalian. Bisa pakai alat yang mengajar, atau pakai alatmu sendiri. Untuk belajar di studio yang jadi satu dengan sekolah DJ biasanya sih tidak boleh. Karena kalau mau belajar ya sekolah di situ sekalian.
-->
Cara Ketiga adalah cara paling umum untuk belajar DJ, yaitu tentu saja adalah dengan Sekolah DJ. Cari sekolah yang sudah punya nama di kotamu. Survei dan carilah info untuk mendapatkan yang terbaik. Cari tahu siapa pengajarnya. Kalau mau dapat yang kompeten biasanya dia adalah DJ senior, yang sudah lama malang melintang di club maupun manggung di event. Selain itu lulusan sekolah DJ tersebut banyak dipakai di club atau sering manggung. Mengenai cara belajar, karena sekolah adalah institusi pendidikan, maka tentunya ada waktu dan kurikulum yang jelas. Berapa kali pertemuan, berapa jam, dan materi apa saja yang diajarkan. Sekolah yang baik memberikan kesempatan untuk On Job Training atau praktek kerja lapangan, sehingga kamu bisa merasakan bagaimana di dunia kerja DJ yang sesungguhnya. Kalau kamu memang berprestasi, selain sekolah memperkenankan kamu untuk menambahkan nama sekolah sebagai label nama DJ mu, akan lebih baik lagi kalau mereka bisa merekomendasikan kamu ke club atau promotor event. Selain itu sekolah DJ yang baik memiliki atau mengajarkanmu untuk membentuk komunitas, sehingga kalau ada event dimana kamu manggung, teman-temanmu, lulusan sekolah yang sama bisa mendukungmu dengan hadir dan menyemarakkan acara.

Punya cara lain untuk belajar DJ? Ungkapkan saja pendapatmu di komentar. Cheers ^^
.

No comments:

Post a Comment