Tuesday, February 10, 2015

Mengenal Peralatan DJ

Untuk bisa bermain DJ, tentunya tak hanya skill atau kemampuan dari pemainnya yang harus ada, tetapi juga diperlukan alat-alat atau perlengkapan musik tertentu. Berikut ini saya paparkan peralatan apa saja yang diperlukan untuk bermain DJ, baik untuk latihan, maupun perform:

-->

a. Turntable/CDJ/ DJ Controller
Teknologi paling baru saat ini adalah memutar lagu secara digital. Selain sound-nya lebih bersih dan rapi, pengoperasiannya pun bisa lebih presisi. Paling tidak dibutuhkan 2 (dua) deck CDJ/turntable untuk bisa melakukan mixing lagu. Sementara itu Turntable adalah teknologi sebelumnya untuk memutar lagu dalam piringan hitam. DJ veteran lebih menyukai alat ini, khususnya untuk bermain scratching atau teknik DJ tingkat lanjut. Karena pengoperasiannya dilakukan secara manual, diperlukan keterampilan kinestetis yang baik, agar bisa presisi. Sedangkan untuk DJ Rumahan bisa menggunakan DJ Controller yang compact dan lebih murah, cocok untuk latihan mandiri.

b. DJ Mixer
Mixer berguna untuk melakukan proses mixing, baik itu transisi, pengaturan low, mid, high tone dari lagu, pemberian efek dan lain sebagainya. Alat ini lah yang menjembatani lagu yang diputar di satu deck, dengan lagu yang diputar di deck lainnya. Umumnya DJ Mixer saat ini mendukung hingga penggunaan 4 (empat) deck.

c. File lagu dalam Piringan Hitam/CD/FlashDisk
Turtable/CDJ adalah player atau alat untuk memainkan lagu, sementara lagunya yang akan dimainkan disimpan di Piringan Hitam/CD/FlashDisk. Turntable adalah pemutar piringan hitam, sementara CDJ untuk memainkan CD, atau bahkan FlashDisk untuk versi terbaru.

d. HeadPhone
Fungsi dari HeadPhone adalah untuk menyiapkan lagu yang akan diputar, dalam arti lagu tersebut diketahui beat/BPM-nya, lalu diatur agar selaras dengan lagu yang sedang diputar, kemudian menyiapkan kapan lagu tersebut akan dimainkan. hingga pada akhirnya volume suara lagu berikutnya tersebut bisa dinaikkan sampai terdengar di speaker.
-->

e. Speaker
Speaker adalah alat output dari segala pemroresan audio, dari lagu yang dimainkan di CDJ, masuk ke mixer, serta diutak-atik oleh DJ dengan berbagai teknik bermainnya.

f. Laptop/Desktop Computer + Software DJ
Alat ini khusus dibutuhkan apabila anda bermain DJ dengan controller, namun CDJ pun bisa mengakses laptop/desktop computer dengan tambahan koneksi kabel USB. Tentunya dibutuhkan software khusus DJ untuk bisa mengoperasikan controller/CDJ. Yang umum dikenal adalah Serato dan Virtual DJ.

g. Serato Box / Turntable to Computer connector
Turtable produksi jaman dulu pun bisa digunakan sebagai controller untuk mengakses laptop/desktop computer, namun karena tidak memiliki port USB, maka dibutuhkan suatu alat khusus yang disebut sebagai Turntable to Computer connector, diantaranya yang cukup dikenal adalah Serato Box.

No comments:

Post a Comment