Thursday, February 12, 2015

Mengenal Peralatan Produser DJ

Di balik layar, yaitu di studio, seorang DJ bisa membuat remix lagu atau menciptakan lagu sendiri. Untuk itu dibutuhkan peralatan khusus, diantaranya adalah:

-->


a. Desktop Computer / Mac / Laptop
Komputer adalah alat pemroses data, yang digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi. Untuk kepentingan produksi lagu, sebaiknya gunakan computer dengan spesifikasi tinggi, khususnya yang mendukung pekerjaan multimedia, terutama untuk mendapatkan sound yang bagus.

b. DAW (Digital Audio Workstation) Software
Sejumlah DJ/Produser tingkat dunia menggunakan Mac, dengan software DAW eksklusif yang tersedia di sana adalah Logic Pro. Namun belakangan ini banyak pengguna Windows yang menggunakan aplikasi yang lebih user friendly, yaitu FL Studio /FruityLoops. Selain kedua software DAW itu banyak juga yang lain seperti: Ableton Live, Acid, Reason, Pro Tools, dsb.


c. MIDI Controller / Keyboard Controller
Anda bisa saja memasukkan notasi nada ataupun chord ke DAW hanya dengan mouse, namun apabila anda membutuhkan presisi permainan music dan juga velocity yang sesuai sentuhan alamiah, maka MIDI Controller / Keyboard Controller menjadi penting. Kalau anda sudah punya keyboard arranger atau synthesizer asli, bisa saja dikoneksikan ke computer dengan bantuan USB cable.


d. Mic
Mic dengan port USB diyakini lebih mampu memberikan rekaman yang jernih. Namun apabila Anda sudah kadung punya Mic Analog, bisa dikoneksikan ke computer dengan External Soundcard untuk meminimalisir noise.
-->

e. External Soundcard
Agar input suara menjadi lebih jernih diperlukan alat ini, entah itu input mic, electric guitar maupun peralatan music electric lainnya.


f. Flat Speaker Monitor
Agar tahu suara asli suatu instrument atau hasil mixing, pakailah flat speaker monitor. Karena kalau speaker active biasanya sudah terpengaruh hasil pemrosesan software.

No comments:

Post a Comment